1. OBJEK (Object)
Objek adalah konsep atau abstraksi tentang sesuatu yang memiliki arti untuk aplikasi yang akan dikembangkan ,Objek diwakili dengan kata benda Objek dapat berupa: ➢ Objek orang/manusia: Karyawan, Mahasiswa ➢ Objek tempat: Kantor, Gedung, Toko ➢ Objek abstrak: Transaksi, Jadwal, Peminjaman ➢ Objek organisasi: Divisi-IT, HRD ➢ Objek peralatan/benda: Mobil, Buku, Baju
2. ATRIBUT (Attribute)
Suatu objek memiliki atribut tertentu yang merupakan karakteristik yang menggambarkan objek. • Suatu atribut dapat mengambil sebuah nilai yang ditentukan berdasarkan domain yang dihitung. • Domain merupakan satu himpunan nilai-nilai spesifik. • Contoh: kelas MOBIL memiliki sebuah atribut WARNA. Domain nilai untuk warna adalah {putih, hitam, perak, abu-abu, biru, merah, kuning, hijau}. • Objek dapat memiliki atribut khusus yang disebut state. Keadaan suatu objek adalah kata sifat yang menggambarkan status objek saat ini. • Misalnya rekening bank dapat aktif, tidak aktif, tertutup, atau dibekukan
3. METODE (Method)
Suatu metode mendefinisikan tugas-tugas spesifik yang dapat dilakukan oleh suatu objek • Metode dituliskan dengan kata kerja yang menggambarkan apa dan bagaimana suatu objek melakukan sesuatu. • Misalnya: objek PELANGGAN dapat melakukan tugas-tugas tertentu seperti melakukan pemesanan, membayar tagihan, dan mengubah alamatnya.
4. PESAN (Message)
Pesan (Message) adalah perintah yang memberi tahu suatu objek untuk melakukan metode tertentu. • Misalnya: pesan TAMBAHKAN SISWA mengarahkan kelas SISWA untuk menambahkan nomor siswa, nama, dan data lain tentang siswa itu. Demikian pula, pesan bernama HAPUS SISWA memberi tahu kelas SISWA untuk menghapus instance Siswa. • Pesan yang sama untuk dua objek berbeda dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Contoh pesan Objek INSTRUCTOR mengirim pesan ENTER GRADE ke instance kelas STUDENT RECORD. Objek INSTRUCTOR dan kelas STUDENT RECORD dapat digunakan kembali dengan sedikit modifikasi, di sistem informasi sekolah lain dimana banyak atribut dan metode akan serupa Contoh Pesan: • Kelas adalah deskripsi umum yang menggambarkan sebuah kumpulan berisi objek-objek yang sama. • Semua objek dalam kelas berbagi atribut dan metode yang sama, sehingga kelas seperti blue print, atau template untuk semua objek di dalam kelas. • Superclass adalah generalisasi dari satu himpunan kelas-kelas yang berhubungan. • Subclass adalah spesialisasi dari superclass. • Contoh: superclass kendaraanBermotor adalah generalisasi dari kelas Truk, SUV, Minibus dan Car. Subclass Minibus mewarisi semua atribut kendaraanBermotor, tetapi juga menggabungkan atribut tambahan yang spesifik hanya untuk Minibus.
5. KELAS (Class)
Contoh kelas dan subkelas C. Hubungan Antara Objek dan Kelas • Hubungan (relationship) memungkinkan objek untuk berkomunikasi dan berinteraksi ketika mereka melakukan fungsi bisnis dan transaksi yang diperlukan oleh sistem. • Hubungan menggambarkan apa yang perlu diketahui objek satu sama lain, bagaimana objek merespon perubahan pada objek lain, dan efek keanggotaan dalam kelas, superclass, dan subclass. • Beberapa hubungan lebih kuat daripada yang lain (seperti hubungan antara anggota keluarga lebih kuat dari satu hubungan antara kenalan biasa). Hubungan terkuat disebut warisan.
Komentar
Posting Komentar